ARTIKEL CARA MEMBUAT BLOG SECARA OFFLINE

March 27, 2009 at 3:21 am (Uncategorized)

Saat ini pembuatan blog atau web site terbilang cukup mudah, hal ini karena adanya suatu sistem yang disebut Content Management System (CMS), yang bisa dikatakan sebagai template web site. Dengan CMS kita tinggal mengupload (copy) CMS ini ke server, menginstallnya setelah selesai tinggal masuk ke administrator untuk mengatur dan mengisi artikel yang diinginkan. Banyaknya CMS opensource yang tersedia kadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Tetapi jika masih awam dengan CMS, apalagi belum banyak tahu tentang web programming seperti saya, maka sebaiknya memilih yang sederhana dan mudah, seperti wordpress.

Jika para blogger / pengguna wordpress ditanya mengapa kok menggunakan wordpress? Mungkin sebagian akan menjawab karena kemudahannya dan konfigurasi yang relatif sederhana. Bagi pengguna awal biasanya tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menguasai dan memahaminya. Sederhana bukan berarti minim fasilitas. Memang fasilitas bawaan wordpress sendiri mungkin masih belum mencukupi jika anda ingin web dengan berbagai fasilitas yang wah, tetapi dengan besarnya komunitas dan dukungan plugins yang begitu banyak, kita tinggal menambahkan fasilitas apa yang diinginkan. Mulai dari konfigurasi administrasi, statistik, forum, iklan, artikel, kalender, dan sebagainya.

Bagaimana belajar membuat blog/web site dengan wordpress secara off-line ? Untuk melakukan hal itu diperlukan beberapa komponen yaitu : Apache ( berfungsi sebagai server ), MySQL (Database) dan PHP (bahasa pemrograman web). Coba ikuti langkah-langkah berikut :

A. Menginstall Apache, MySQL dan PHP

Download Apache dan MySQL dalam satu paket Apache friends yaitu xampplite (basic package) dari situs http://www.apachefriends.org, http://www.xampp.org atau dari http://sourceforge.net (ukuran sekitar 46 MB) yang bentuk zip atau exe (diinstall terlebih dulu). Untuk mudahnya pilih saja yang zip.
Extract xampplite ke drive yang diinginkan, misalnya C:\xampplite ( memerlukan space hardisk sekitar 115 MB ). Jika download yang exe, install terlebih dahulu.
Untuk mengetest apakan xampplite berhasil, buka folder C:\xampplite, jalankan xampp-control.exe dan klik start di baris Apache dan MySql, tunggu sampai ada tanda
bahwa keduanya berjalan dengan keterangan tulisan running.

Setelah keduanya berjalan ( ada keterangan running ) kemudian buka web browser anda ( mozilla firefox atau internet explorer ) dan ketikkan localhost lalu tekan enter. Maka jika instalasi berhasil akan ditampilkan pesan :
Welcome to XAMPP for Windows Version …..
Congratulations:
You successfully installed XAMPP on this system!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: